Identitas Program Studi
Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga
Widarto, S.Sos, MA
STIA Bina Banua
09-08-1982
No. 008/YPBB VIII/E.1982
Drs. H. Umar Hamdan
16 April 1979
B
No.001/BAN-PT/Ak-XV/S1/IV/2012
Jl. Pramuka Km. 6 No. 17 Banjarmasin Kalsel
0511-3255145
0511-3268660
www.stiabinabanuabjm.ac.id
- Manajemen Pemasaran
- Manajemen Keuangan & Perbankan
- Kewirausahaan
- Pariwisata
- Manajemen Sumber Daya Manusia
Visi, Misi, Tujuan & Sasaran
Visi
"Menjadi program studi Bisnis yang menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki jiwa berwirausaha."
Misi
- Mengembangkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghadapi kompetisi nasional dan global dalam penguasaan dan pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bisnis.
- Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif bagi peningkatan jaminan mutu (quality assurance) hasil perguruan tinggi, baik untuk tenaga akademik maupun peserta didik (mahasiswa).
- Mengembangkan kemampuan manajerial pimpinan program studi untuk menunjang kemandirian dan akuntabilitas guna meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan.
- Meningkatkan mutu dosen serta peningkatan jumlah mutu fasilitas pendidikan, laboratorium dan pendukung sistem informasi layanan akademik, baik mahasiswa maupun dosen.
- Mengembangkan kerjasama (kemitraan) dengan berbagai institusi (pemerintah, lembaga bisnis, masyarakat, individu) dalam rangka mendukung visi program studi.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuan dalam bidang administrasi bisnis, yang mampu menyiapkan dan mengelola lembaga bisnis dan dunia usaha yang berorientasi pada aspek kebijakan, strategi, kepemimpinan, dan kemampuan manajerial.
- Menghasilkan sarjana yang menguasai Ilmu Administrasi Bisnis dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara administrative-stratejik dalam menghadapi tantangan kebutuhan masyarakat.
- Menghasilkan lulusan dengan kecakapan dan kepercayaan diri yang tinggi untuk memanfaatkan setiap peluang usaha, perkembangan teknologi dan memiliki kemampuan mengelola perusahaan secara efektif dan efisien (entrepreneurship) maupun kemampuan membuka lapangan usaha secara mandiri (entrepreneurship).
- Menyelenggarakan penelitian, pengkajian dan pengembangan dunia usaha khususnya usaha menengah, kecil, mikro, koperasi melalui kemitraan dengan dunia usaha, instansi pemerintah, dan masyarakat.
- Mempersiapkan lulusan yang profesional dapat diserap oleh pasar dan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang berbasis informasi teknologi dan mampu berkompetisi dalam memperoleh pekerjaan.
Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran:
- Terciptanya pengalaman belajar yang berkesan positif dan bernilai yang berdampak pada penciptaan iklim pembelajaran yang kondusif di bidang Administrasi Bisnis.
- Masa studi rata-rata 4 tahun, lebih dari 80% lulusan memiliki IPK > 3,00 dan rata-rata masa tunggu lulusan untuk mendapatkan kerja adalah 12 bulan.
Strategi:
- Meninjau kurikulum berbasis kompetensi lulusan yang diharapkan setiap 4 (empat) tahun sekali.
- Melengkapi alat-alat bantu ajar dan mengembangkan metode pembelajaran berbasis multimedia dan interaktif.
- Melakukan monitoring dan evaluasi belajar mengajar yang bermutu.
- Membekali calon sarjana dengan pengetahuan "entrepreneurship" dan menjalin kerjasama yang relevan.
- Memfasilitasi percepatan informasi lowongan pekerjaan.
- Mendorong Dosen S2 untuk melanjutkan ke Program Doktor (S3) dan meningkatkan kompetensi melalui seminar, workshop, dan diklat.
Kurikulum Program Studi
Struktur Kurikulum
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana mengenai isi, bahan kajian, serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, serta mendorong terbentuknya hard skills dan soft skills.
157
Total SKS
145
Minimal Kelulusan
118
Mata Kuliah Wajib
18
Pilihan Konsentrasi
Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama:
- Mampu memahami prinsip-prinsip dasar tentang administrasi, etika, kebijakan, dan strategi bisnis.
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam pengelolaan organisasi sektor bisnis.
- Memiliki pengetahuan, kemampuan dan jiwa kepemimpinan dalam memenuhi tuntutan good governance.
Kompetensi Pendukung:
- Mampu merencanakan dan melaksanakan kebijakan bisnis di organisasi bisnis dan institusi swasta.
- Menguasai manajerial dan mampu memberikan alternatif penyelesaian masalah.
- Mampu bekerja sama secara tim untuk mengembangkan strategi.
Kompetensi Lainnya:
- Mampu mengembangkan karir sebagai konsultan dan pekerja bisnis yang profesional.
- Mampu proaktif mengembangkan kecakapannya secara mandiri.
- Mampu dan terampil mengembangkan strategi proses pelayanan bisnis untuk menciptakan pelayanan prima.
Mata Kuliah per Semester (Tahun 2016)
Semester I (21 SKS)
- Pancasila dan Kewarganegaraan
- Bahasa Inggris I
- Pengantar Ilmu Adm dan Manajemen
- Aplikasi Komputer I
- Pengantar Ilmu Ekonomi
- Pengantar Bisnis
- Bahasa Indonesia/TPKI
- Filsafat Administrasi
Semester III (21 SKS)
- Statistika
- Organisasi & Manajemen
- Pengantar Akuntansi
- Etika Bisnis
- Manajemen Koperasi
- Manajemen Mutu
- Manajemen Sumber Daya Manusia
Semester V (24 SKS)
- Bisnis Investasi & Pasar Modal
- Bisnis Internasional
- Administrasi Pajak & Retribusi
- Ekonomi Manajerial
- Strategi & Kebijakan Bisnis
- Negosiasi Bisnis
- Salesmanship (Pilihan)
- Ekologi Administrasi (Pilihan)
Semester VII (17 SKS)
- Bahasa Inggris II / TOEFL
- Ekonomi Kreatif (Pilihan)
- Manajemen Pariwisata (Pilihan)
- Publik Relation (Pilihan)
- Praktik Kerja Bisnis
- Seminar Administrasi Bisnis
Semester II (20 SKS)
- Hukum Bisnis
- Sistem Ekonomi Indonesia
- Pendidikan Agama
- Antropologi Sosial Budaya
- E-Business
- Korespondensi Bisnis
- Manajemen Pemasaran
Semester IV (24 SKS)
- Pemasaran Jasa
- Akuntansi II/Biaya
- Kewirausahaan
- Kepemimpinan
- Metodologi Penelitian
- Sistem Informasi Manajemen
- Manajemen SDM Lanjutan (Pilihan)
- Manajemen Perbankan (Pilihan)
Semester VI (24 SKS)
- Man. Perubahan & Pengembangan Organisasi
- Manajemen Keuangan
- Riset Bisnis
- Perilaku Konsumen & Kepuasan Pelanggan
- Bisnis Plan
- Perencanaan Pemasaran
- Strategi Pemasaran Bersaing (Pilihan)
- Analisa Laporan Keuangan (Pilihan)
Semester VIII (6 SKS)
- Skripsi
Daftar Dosen Tetap
| No | Nama Dosen | NIDN | Tgl. Lahir | Jabatan | Pendidikan & Asal PT | Bidang Keahlian |
|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | H. Gerilyansyah Basrindu | 0005085002 | 05-08-1950 | Lektor Kepala | S1 FKIP Unlam Bjm S2 STIE IPWI S3 University Utara Malaysia |
Man. Pemasaran Man. Strategik |
| 2 | Misransyah | 0017055901 | 17-05-1959 | Lektor Kepala | S1 FE Unlam Bjm S2 Unair Sby S3 Universitas Airlangga |
Man. Perusahaan Man. Keuangan |
| 3 | Ahmad Abdurrahman | 1128086401 | 28-08-1964 | Lektor | S1 FE Unlam Bjm S2 Unhas Ujung Pandang |
Man. Perusahaan Man. Keuangan |
| 4 | Widarto | 1119127101 | 19-12-1971 | Lektor | S1 STIA Bina Banua Bjm S2 STIA Bina Banua Bjm |
Administrasi Niaga Ilmu Administrasi / MSDM |
| 5 | Ali Khamdan | 1116096701 | 16-09-1967 | Lektor | S1 FE Unlam Bjm S2 FIA Unibraw Malang |
Akuntansi Kebijakan Bisnis |
| 6 | Moh. Heru Budihanto | 1115076801 | - | Asisten Ahli | Unibraw Malang Unibraw Malang |
M. SDM Man. Keuangan |
| 7 | Masruf Baderi | - | - | Asisten Ahli | S1 STIA Bina Banua Bjm S2 STIA Bina Banua Bjm |
Administrasi Negara Ilmu Administrasi / MSDM |
| 8 | Mukhlan Khariri | - | - | Asisten Ahli | S1 UII Yogyakarta S2 Unlam Banjarmasin |
Akuntansi Manajemen |
NIDN: Nomor Induk Dosen Nasional
Fasilitas & Laboratorium
Laboratorium Bahasa Inggris
- Jumlah Unit: 40
- Kepemilikan: Milik sendiri
- Kondisi: Terawat
- Rata-rata penggunaan: 18 jam/minggu
Laboratorium Komputer
- Jumlah Unit: 19
- Kepemilikan: Milik sendiri
- Kondisi: Terawat
- Rata-rata penggunaan: 18 jam/minggu
Fasilitas Umum
- Puskesmas (Layanan Kesehatan Masyarakat)
- Masjid
- Perpustakaan
- Kantin & Fotokopi
- Taman & Area Parkir Luas